Resiliensi Dan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Difabel Di Indonesia

Authors

  • Rindu Rosa Hadelina Padang Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Arthur Huwae Universtas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6088

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara resiliensi dan subjective well-being pada mahasiswa difabel di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sebanyak 102 mahasiswa difabel di Indonesia yang menjadi partisipan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Pengukuran penelitian menggunakan Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC), Satisfaction With Life Scale (SWLS), dan Positive Affect Negative Affect Schedule (PANAS). Hasil uji hipotesis dengan Spearman Rho’ diperoleh nilai r sebesar 0,696 dan sig. = 0,000 (p<0,01), yang berarti hipotesis diterima. Hasil ini berarti bahwa ketika terjadi peningkatan atau penurunan resiliensi, maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan subjective well-being pada mahasiswa difabel di Indonesia. Dengan demikian, resiliensi dapat dijadikan sebagai sarana atau strategi mental oleh setiap mahasiswa difabel agar memudahkan diri sendiri dalam mencapai subjective well-being di kehidupan akademik maupun aktivitas hidup sehari-hari.

Kata kunci: resiliensi, subjective well-being, mahasiswa difabel

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Padang, R. R. H., & Huwae, A. (2024). Resiliensi Dan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Difabel Di Indonesia. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1534–1544. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6088

Citation Check