Konseling Rasional Emotif Perilaku Dalam Pengembangan Harga Diri Korban Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) : Studi Literatur

Authors

  • Sudiarti Ika Indrasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bakhrudin All Habsy Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5460

Abstract

Adegan kekerasan yang sering dilakukan remaja salah satunya adalah bullying. Bullying yang dilakukan seorang remaja kepada remaja lainnya menyebabkan korban menjadi tidak percaya diri, tertutup, pemalu, menarik diri dari lingkungan, depresi bahkan bunuh diri. Sebagai konselor dalam mengentaskan permasalahan ini, layanan konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) perlu dilakukan, layanan ini berupa terapi yang dapat mengubah keyakinan irasional individu menjadi rasional yang berdampak pada emosi dan perilaku individu itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif layanan konseling individu dengan menggunakan layanan Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan kembali harga diri korban bullying. Karena menurunnya harga diri akan menyulitkan kebiasaan korban dalam menjalin hubungan dengan orang lain secara nyaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif berupa studi literatur pada penelitian terdahulu dari berbagai sumber.  Hasil penelitian selanjutnya menyimpulkan adanya pengaruh positif antara layanan konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) dengan upaya peningkatan harga diri korban bullying.

Kata kunci: bullying, rational emotif behavior therapy, harga diri

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Indrasari, S. I., Bakhrudin All Habsy, Mochamad Nursalim, & Endang Pudjiastuti Sartinah. (2024). Konseling Rasional Emotif Perilaku Dalam Pengembangan Harga Diri Korban Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) : Studi Literatur. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 699–706. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5460

Citation Check