Persepektif Bullying Terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Sistem Pendidikan Inklusif: Studi Literatur

Authors

  • Nisa Fajar Suriatika Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bakhrudin All Habsy Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7178

Abstract

Peserta didik berkebutuhan khusus merupakan individu yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual atau sosial-emosional sehingga memerlukan layanan Pendidikan spesifik yang dapat diwujudkan dalam pendidikan inklusif sehingga mengakomodir hak pendidikan agar berada pada suatu sistem perndidikan sehingga memberikan kesempatan berkembang di lingkungan yang sama. Namun, pada penyelenggaraan pendidikan inklusif masih ditemukan bullying pada peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi literatur model PRISMA untuk menganalisis sejumlah 17 artikel diakses dari google scholar. Hasil penelitian bullying pada peserta didik berkebutuhan khusus di pendidikan inklusif, diantaranya: (a) fisik berupa memukul, menjabak (b) verbal seperti ejekan, godaan, hate speech, ditertawakan, ancaman dan penghinaan dengan sebutan tertentu, (c) diskriminatif berupa pengucilan saat pembelajaran, tidak dihiraukan ketika bertanya, disembunyikan barangnya, ketika guru tidak memeriksa tugas pekerjaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku bullying pada peserta didik berkebutuhan khusus pada sistem pendidikan inklusif serta upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk mencegah dan menangani bullying.

Kata Kunci: peserta didik berkebutuhan khusus, bullying, pendidikan inklusif

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Nisa Fajar Suriatika, Bakhrudin All Habsy, & Endang Pudjiastuti Sartinah. (2024). Persepektif Bullying Terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Sistem Pendidikan Inklusif: Studi Literatur. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1186–1205. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7178

Citation Check