Systematic Literature Review E-Modul Bimbingan Karier Untuk Mendukung Kematangan Karier Siswa SMK

Authors

  • Giyar Indrasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bakhrudin All Habsy Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Retno Tri Hariastuti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7198

Abstract

E-modul bimbingan karier merupakan media informasi yang berisi tentang perencanaan karier, eksplorasi karier, informasi karier, dan pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis teks hasil penelitian yang relevan tentang e-modul bimbingan karier dalam mendukung kematangan karier siswa SMK. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menghasilkan 1) Defenisi e-modul bimbingan karier, 2) Prosedur pelaksanaan e-modul bimbingan karier, 3) Tahapan-tahapan bimbingan karier, 4) Definisi kematangan karier, 5) Karakteristik kematangan karier siswa SMK 6) Faktor yang mempengaruhi kematangan karier 7) Hasil e-modul bimbingan karier efektif dalam meningkatkan kematangan karier siswa. Pencarian artikel jurnal dengan menggunakan database Google schoolar, Sincedirect, DOAJ, dengan menggunakan kata kunci e-modul, bimbingan karier, kematangan karier. penelitian ini melibatkan 25 sumber referensi yang diperoleh dari artikel jurnal yang relevan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu e-modul bimbingan karier dapat mendukung kematanga karier siswa dengan efektif dan efesien.

Kata kunci: E-modul, bimbingan karier, kematangan karier

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Giyar Indrasari, Bakhrudin All Habsy, Mochamad Nursalim, & Retno Tri Hariastuti. (2025). Systematic Literature Review E-Modul Bimbingan Karier Untuk Mendukung Kematangan Karier Siswa SMK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1247–1261. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7198

Citation Check