Penyebab Dan Dampak Kecanduan Game Online Pada Perkembangan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.6097Abstract
Kecanduan game online pada siswa sekolah dasar menjadi fenomena mengkhawatirkan karena berdampak signifikan pada perkembangan fisik, psikologis, akademik, dan sosial. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penyebab dan dampak kecanduan game online pada siswa Sekolah Dasar Negeri Plembutan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan enam siswa kelas IV yang kecanduan game online, satu guru wali kelas, dan tiga orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kecanduan game online meliputi faktor internal seperti rasa penasaran siswa, faktor lingkungan sekitar, dan kurangnya perhatian dari orang tua. Dampak negatifnya antara lain siswa menjadi tidak fokus belajar, nilai akademik menurun, sering cemas, emosi tidak stabil, malas belajar, berbicara kotor, sering berbohong, serta masalah kesehatan seperti mata minus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecanduan game online dapat merugikan perkembangan siswa jika tidak diimbangi dengan pengawasan dan pembatasan waktu bermain. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam mengatasi masalah ini.
Kata kunci: game online, penyebab kecanduan game online, dampak kecanduan game online
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Arum Setiowati, Fiki Febrian Dwi Prasetya, Marisa Alviyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.