Penyebab Dan Dampak Kecanduan Game Online Pada Perkembangan Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Arum Setiowati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Fiki Febrian Dwi Prasetya Universitas Khairun, Indonesia
  • Marisa Alviyana Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.6097

Abstrak

Kecanduan game online pada siswa sekolah dasar menjadi fenomena mengkhawatirkan karena berdampak signifikan pada perkembangan fisik, psikologis, akademik, dan sosial. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penyebab dan dampak kecanduan game online pada siswa Sekolah Dasar Negeri Plembutan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan enam siswa kelas IV yang kecanduan game online, satu guru wali kelas, dan tiga orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kecanduan game online meliputi faktor internal seperti rasa penasaran siswa, faktor lingkungan sekitar, dan kurangnya perhatian dari orang tua. Dampak negatifnya antara lain siswa menjadi tidak fokus belajar, nilai akademik menurun, sering cemas, emosi tidak stabil, malas belajar, berbicara kotor, sering berbohong, serta masalah kesehatan seperti mata minus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecanduan game online dapat merugikan perkembangan siswa jika tidak diimbangi dengan pengawasan dan pembatasan waktu bermain. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam mengatasi masalah ini.

Kata kunci: game online, penyebab kecanduan game online, dampak kecanduan game online

Diterbitkan

2025-02-26

Cara Mengutip

Setiowati, A., Dwi Prasetya, F. F., & Alviyana, M. (2025). Penyebab Dan Dampak Kecanduan Game Online Pada Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1474–1484. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.6097

Citation Check