EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X JURUSAN TARI DI SMK NEGERI 1 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3473Keywords:
Bimbingan Kelompok, Prokrastinasi AkademikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas X Jurusan Tari Di SMK Negeri 1 Kasihan. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan populasi seluruh siswa kelas X jurusan Tari di SMK Negeri 1 Kasihan. Sampel dalam penelitian ini mengambil 7 siswa dari jumlah populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas X jurusan Tari di SMK Negeri 1 Kasihan. Berdasarkan hasil analisis uji t-test di peroleh nilai t= 19,676 dengan nilai p= 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas X jurusan Tari di SMK Negeri 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Â
References
Kurniawindani, Damanik. 2020. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Sikap Siswa Terhadap Prokrastinasi Akademik di Kelas VIII SMP Swasta Rakyat Sei Glugur Tahun Ajaran 2019/2020. http://repository.umsu ac.id/handle/123456789/14372 Diunduh 12 Oktober 2021
Grace Shinta Esther Penata. 2020. Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. http://repository.usd.ac.id/37129/2/161114016_full.pdf diunduh 27 oktober 2021
Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf. Diunduh 12 oktober 2021
Ghufron, N, & Risnawati, R. 2014. Teori – Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prayitno, dan Amti, E. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Ketut, D, & Kusmawati, N. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Gibson, R, & Mitchell M. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mahdiyah. 2014. Statistik Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Seniati, L, Yulianto, A & Setiadi N. 2009. Psikologi Eksperimen. PT INDEKS
Winkel & Hastuti S. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Sri Narti. 2014. Model Bimbingan Kelompok. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
. 2008. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang
Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara
. 2008. Metodelogi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Di Sekolah Menengah. Semarang: Unnes Pers
Siti, Hartinah. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama
. 2017. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama
Nuryadi, M dan Suardi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: UNNESA University Press
Sutrisno, Hadi. 2000. Metodologi Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Putri, Prastya Wahyu. 2013. Analisis Faktor Prokrastinasi Akademik: Studi pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2009 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang http://etheses.uin-malang.ac.id/1767/ diunduh 8 Desember 2021
Nugroho, Dwi Saputro. 2018. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Dampak Prokrastinasi Akademik. Skripsi tidak diterbitkan. Magelang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.
Erlangga. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Se;f Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.