EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X JURUSAN TARI DI SMK NEGERI 1 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Shela Nanda Ayuni Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Arum Setiowati Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3473

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas X Jurusan Tari Di SMK Negeri 1 Kasihan. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan populasi seluruh siswa kelas X jurusan Tari di SMK Negeri 1 Kasihan. Sampel dalam penelitian ini mengambil 7 siswa dari jumlah populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas X jurusan Tari di SMK Negeri 1 Kasihan. Berdasarkan hasil analisis uji t-test di peroleh nilai t= 19,676 dengan nilai p= 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas X jurusan Tari di SMK Negeri 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

References

Kurniawindani, Damanik. 2020. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Sikap Siswa Terhadap Prokrastinasi Akademik di Kelas VIII SMP Swasta Rakyat Sei Glugur Tahun Ajaran 2019/2020. http://repository.umsu ac.id/handle/123456789/14372 Diunduh 12 Oktober 2021

Grace Shinta Esther Penata. 2020. Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. http://repository.usd.ac.id/37129/2/161114016_full.pdf diunduh 27 oktober 2021

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf. Diunduh 12 oktober 2021

Ghufron, N, & Risnawati, R. 2014. Teori – Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prayitno, dan Amti, E. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Ketut, D, & Kusmawati, N. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Gibson, R, & Mitchell M. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mahdiyah. 2014. Statistik Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Seniati, L, Yulianto, A & Setiadi N. 2009. Psikologi Eksperimen. PT INDEKS

Winkel & Hastuti S. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Sri Narti. 2014. Model Bimbingan Kelompok. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

. 2008. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

. 2008. Metodelogi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Di Sekolah Menengah. Semarang: Unnes Pers

Siti, Hartinah. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama

. 2017. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama

Nuryadi, M dan Suardi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: UNNESA University Press

Sutrisno, Hadi. 2000. Metodologi Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putri, Prastya Wahyu. 2013. Analisis Faktor Prokrastinasi Akademik: Studi pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2009 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang http://etheses.uin-malang.ac.id/1767/ diunduh 8 Desember 2021

Nugroho, Dwi Saputro. 2018. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Dampak Prokrastinasi Akademik. Skripsi tidak diterbitkan. Magelang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Erlangga. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Se;f Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Ayuni, S. N., & Setiowati, A. (2022). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X JURUSAN TARI DI SMK NEGERI 1 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 325–334. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3473

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.