EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Nofi Rini Dyah Sulistyaningsih Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Arum Setiowati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.320

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 205 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 10 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti atau Teknik sosiodrama efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t diketahui nilai t = 18,640 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti pemberian treatment dengan menggunakan teknik sosiodrama berpengaruh dalam meningkatkan perilaku asertif siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling dapat menerapkan layanan dengan menggunakan teknik sosiodrama sehingga dapat meningkatkan perilaku asertif siswa. Kata kunci: sosiodrama, perilaku asertif

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Dyah Sulistyaningsih, N. R., & Setiowati, A. (2019). EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.320

Citation Check