STUDI DESKRIPTIF PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • Uswatun Hasanah Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Makin Makin Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2197

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru bimbingan dan
konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring di MTs
Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru bimbingan dan konseling dan
perwakilan siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
metode triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan peranan guru bimbingan dan
konseling dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring yaitu
melaksanakan layanan informasi, memberikan layanan home visit dan memantau aktifitas
belajar siswa selama pembelajaran daring dengan checklist absen. Faktor penghambat
layanan berasal dari orang tua siswa yang kurang memahami pentingnya pendidikan bagi
anak, selain itu kurangnya kerjasama yang baik antar guru bimbingan dan konseling.
Kata kunci : Peranan guru, minat siswa, dan pembelajaran daring

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Hasanah, U., & Makin, M. (2021). STUDI DESKRIPTIF PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN TAHUN AJARAN 2021/2022. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 165–171. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2197

Citation Check