PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 BANTUL

Penulis

  • Diajeng Monik Wulandari universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Ika Ernawati universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4367

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling terhadap perencanaan karir pada siswa dan mengetahui faktor-faktor pendukung terhadap perencanaan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru bimbingan dan konseling dan perwakilan siswa di SMA Negeri 3 Bantul. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan terhadap perencanaan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Bantul, melalui kegiatan bimbingan klasikal, konseling individu dan kelompok serta layanan informasi. Guru bimbingan dan konseling juga secara berkala mengamati siswa dan mendata kelanjutan studi siswa alumni sebagai rekam jejak siswa yang berguna untuk perencanaan karir, koordinasi juga dilakukan dengan pihak sekolah, Universitas, alumi siswa dan orang tua atau wali siswa. Faktor pendukung untuk perencanaan karir pada siswa, yaitu kesadaran dan semangat juang siswa, arahan dan bimbingan guru bimbingan dan konseling, sarana dan prasarana sekolah yang memadai, program sekolah seperti studi kampus, education fair dan Achievement Motivation Training (AMT) serta peran orang tua dan keluarga yang peduli dalam perencanaan karir.

Diterbitkan

2022-12-24

Cara Mengutip

Diajeng Monik Wulandari, & Ika Ernawati. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 BANTUL . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 40–44. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4367

Citation Check