Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Penulis

  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4661

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok teknik modeling symbolic untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa bertanya didalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-exsperimental design. Pre-exsperimental design ini didalamnya menggunakan one grup pretest – posttest design. Sample dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling symbolic dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa bertanya di dalam kelas, hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji paired sampel t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) dan t hitung sebesar 10,02 dengan derajat kebebasan (df) 31 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,69. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa t hitung > t table yang artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling symbolic terhadap tingkat kepercayaan diri siswa.

Kata kunci: bimbingan kelompok, modeling, symbolic

Diterbitkan

2023-07-23

Cara Mengutip

Kusumawati, E. (2023). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Symbolic Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Bertanya Di Dalam Kelas Siswa Di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 232–243. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4661

Citation Check