Efektivitas Layanan Informasi dengan Teknik Focuss group discussion untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Pentingnya Mindfullness
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5028Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari layanan Informasi dengan teknik focuss group discussion terhadap peningkatan pemahaan siswa mengenai pentingnya mindfullness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan instrument pengumpulan data menggunakan angket pre-test dan post test. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas XI MAN 1 Medan dengan jumlah sampel 66 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 33 orang kelompok kontrol dan 33 orang kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkanrata-rata nilai kontrol selbelsar 112.33 delngan standar delviasi selbelsar 15.638. Sellisih melan selbelsar -8.030, nilai telrselbult nelgativel delngan delmikian didapatkan informasi bahwa telrdapat pelningkatan nilai rata-rata kontrol telrhadap elkspelrimeln selbelsar 8.030. sellain itul dipelrolelh nilai sig selbelsar 0.024, nilai telrselbult < 0.05 yang artinya telrdapat pelrbeldaan kontrol dan elkspelrimeln selbellulm pelmbelrian layanan informasi delngan telknik FGD. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi delngan Telknik Foculs Groulp Disculssion elfelktif ulntulk melningkatkan pelmahaman siswa melngelnai pelntingnya mindfullnelss.
Kata kunci : mindfullness, layanan informasi, focuss group discussion
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Adinda Putri Kinanti Daulay, Alfin Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.