Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5115Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk menigkatkan keterampilan sosial peserta didik. Peneliti menggunakan True Eksperimental Desain, dengan pretest postest control group design dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 120 siswa kelas X Madrasah Aliyah UIN Sumatera Utara Medan dan sampel sebanyak 30 yang dibagi 2 kelompok 15 kelompok eksperimen dan 15 kelompok kontrol. Pengumpulan data melalui angket skala likert yang diberikan kepada peserta didik untuk mengukur keterampilan sosial. Teknik pengambilan sampel menggunakan probility sampling, Uji normalitas shapiro-Wilk, Uji levene digunakan sebagai uji homogenitas. Analsis data menggunakan uji independent (uji t). Hasil analisis mengungkapkan bahwa hipotesis diterima karena nilai t dari Sig (2-tailed) adalah 0,05 yaitu (0,000<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa menggunakan metode role playing dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, teknik role playing, keterampilan sosial
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putri Evita Sari Nasution, Alfin Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.