Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa MTsN 1 Medan

Penulis

  • Ayidah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Alfin Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6148

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menguji coba layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experimental desain Pre-Test Post-Test Control group. Partisipan penelitian 20 siswa kelas VIII MTsN 1 Medan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 10 orang dan kelompok kontrol 10 orang, dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil Independent Sampel T-Test post test kelompok eksperimen 8,744 sedangkan hasil post test kelompok kontrol 5,425 dan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol 0,000 < 0,05 serta t hitungnya sebesar 1,598 < 2,09302 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training efektif meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Serta skor pretest kelompok eksperimen nilai rata-rata 95,40 dan nilai posttest 102,40. Sedangkan kelompok kontrol nilai pretest rata-rata 95,90 dan nilai posttest 97,10. Maka nilai rata-rata posttest lebih tinggi di banding nilai rata-rata pretest  berarti ada perubahan signifikan.

Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, teknik assertive training, komunikasi interpersonal siswa

Diterbitkan

2024-06-13

Cara Mengutip

Ayidah Nasution, & Alfin Siregar. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa MTsN 1 Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1653–1664. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6148

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama