Perbedaan Adaptabilitas Karir Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Kelas XI dan Kurikulum 2013 Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6290Abstrak
Penelitian bertujuan agar peserta didik mampu memenuhi tahap perkembangan sebagai remaja untuk dapat merencanakan karirnya sesuai minat dan bakat yang dimiliki serta mampu beradaptasi pada perubahan yang terjadi baik sebelum tamat sekolah atau ketika akan menempuh perjalanan berikutnya dengan memasuki perguruan tinggi atau dunia kerja. Sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tentang perbedaan adaptabilitas karir peserta didik pada kurikulum merdeka kelas XI dan kurikulum 2013 kelas XII SMAN 94 JAKARTA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskripti. Populasi penelitian berjumlah 396 dan menggunakan sampel total 80 responden dengan kurikulum merdeka kelas XI 40 responden, dan kurikulum 2013 kelas XII 40 responden. Data dianalisis menggunakan uji T Mann Whitney menujukkan hasil 0,005 < 0,05, bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat diartiartikan sebagai adanya perbedaan atara kelompok dan . Kesimpulannya terdapat perbedaan adaptabilitas karir dengan skor menujukkan kategori sedang untuk dua kelompok tersebut.
Kata kunci: adaptabilitas karir, kurikulum, peserta didik
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pingki Puspita Kirana, Nurmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.