Gambaran Resiliensi Akademik Siswa SMA dan Implikasinya Terhadap Intervensi Bimbingan dan Konseling

Penulis

  • Lani Cahyani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Happi Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7006

Abstrak

Permasalahan yang sering dialami siswa di sekolah yaitu ketidakmampuan siswa untuk bertahan dalam kondisi suatu tekanan diantaranya tekanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat resiliensi akademik siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Jumlah sampelnya sebanyak 162 siswa. Data dikumpulkan melalui instrument Academic Resilience Scale (ARS-30) dan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat resiliensi akademik siswa SMA yaitu 89 siswa (54, 94%) berada pada tingkat resiliensi akademik tinggi dan 73 siswa (45,06%) berada pada tingkat resiliensi akademik rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMA memiliki tingkat resiliensi akademik tinggi. Untuk siswa yang memiliki resiliensi akademik rendah diperlukan upaya dari guru Bimbingan dan Konseling. Salah satu intervensi yang efektif yaitu Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) dengan ini diharapkan memberikan pondasi yang kuat bagi siswa untuk memiliki resiliensi akademik.

Kata kunci: resiliensi akademik, siswa SMA, bimbingan dan konseling, MBSR

Diterbitkan

2024-10-11

Cara Mengutip

Lani Cahyani, Eka Wahyuni, & Happi Karlina Marjo. (2024). Gambaran Resiliensi Akademik Siswa SMA dan Implikasinya Terhadap Intervensi Bimbingan dan Konseling. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 729–739. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7006

Citation Check