Gambaran Stres Akademik Siswa Baru Sekolah Boarding Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling

-

Penulis

  • Dwika Sukma Dewi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7010

Abstrak

Sekolah boarding merupakan salah satu sistem pendidikan dimana setiap siswa menetap di suatu asrama sebagai suatu bagian dalam proses akademik. Sumber stres utama pada pelajar remaja berkaitan dengan permasalahan akademik. Beberapa studi telah dilakukan untuk mengungkap keterkaitan antara stres akademik dan kesehatan mental remaja sangat erat kaitannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik siswa baru di sekolah boarding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik baru kelas X sekolah boarding. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat stres akademik siswa baru di sekolah boarding berada pada kategori tinggi. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru BK sebagai asesmen kebutuhan untuk membuat program BK meliputi layanan dasar sebagai upaya pencegahan bagi peserta didik dengan konseling kelompok menggunakan intervensi MBSR (Mindfulness Based Stres Reduction).

Kata kunci: stres akademik, sekolah boarding, bimbingan dan konseling, MBSR

Diterbitkan

2024-10-12

Cara Mengutip

Dwika Sukma Dewi, Eka Wahyuni, & Dede Rahmat Hidayat. (2024). Gambaran Stres Akademik Siswa Baru Sekolah Boarding Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling: -. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 740–751. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7010

Citation Check