IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2226Abstract
Abstrak
Pendidikan (UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003) adalah suatu kegiatan yang disadari dan diatur untuk menciptakan iklim belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara efektif mengembangkan kemampuannya untuk memiliki kekuatan, kebijaksanaan, watak, wawasan, orang terhormat, dan kemampuan penting yang ketat. dirinya dan masyarakat. Pendidikan sangat penting untuk keberadaan Negara dan juga bangsa, dengan alasan bahwa dari pendidikan ini kita dapat membangun karakter, pengetahuan. Selain itu, karakter siswa menjadi lebih baik dengan pengajaran diatas. Dengan cara ini, pengajaran di Indonesia terus-menerus dibuat dan diciptakan tumbuh sehingga interaksi eksekusi memberikan usia yang diandalkan untuk memiliki pilihan untuk memajukan negara Indonesia daripada sebelumnya. diperlukan karakter di sekolah. Sekolah dasar adalah lembaga yang diawasi dan dikelola oleh otoritas publik yang diduduki oleh sekolah penting, diadakan resmi selama 6 (enam) tahun yang dimulai dari kelas I ke kelas VI untuk anggota diinstruksikan ke seluruh Indonesia.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Sekolah Dasar
Â
Abstract
Education (UU Sisdiknas No. 20 of 2003) is a work that is realized and regulated to create a learning climate and learning process so that students effectively develop their abilities to have strong strengths, wisdom, character, insight, respectable people, and important abilities. himself and society. Education is very important for the existence of the State and also the nation, on the grounds that from this education we can build character, knowledge. In addition, the character of students becomes better with the above teaching. In this way, teaching in Indonesia is constantly being created and created to grow so that the interaction of execution provides a reliable age to have the choice to advance the Indonesian state than before. character is needed in school. Elementary schools are institutions that are supervised and managed by public authorities occupied by important schools, held officially for 6 (six) years from grade I to grade VI for members instructed throughout Indonesia.
Keywords: Education, Character, Elementary SchoolReferences
DAFTAR PUSTAKA
Albertus, Doni Koesoema. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo. 2010.
Dewantara, Ki Hadjar. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. 2010.
Anderson, Irzal, dan Riana Sari. 2016.Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar. JurnalGentala Pendidikan Dasar, 1(2), 251-274.
Desky, Handoko, Sulityorini, dan thomy Sastra Atmaja. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran PPKN Kelas IX MIPA 4 SMA N 1 Pontianak.Pontianak: Program Studi PPKn FKIP Untan Pontianak.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012.
Hidayat, Heri, Heny Mulyani, dkk. 2020. Peranan Teknologi dan MediaPembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2).
Hikmah, S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meninjau Sejauh Mana Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 417–425. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1745
Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing. 2010.
Koesoema, Doni.Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo. 2007.
Lestari, Desi. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri 115 Seluma. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu.
Mamelio, Arzed, Muhammad Idris, dan Adrianus Deddy. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Penddikan Kewarganegaraan Pada Peserta Dididk SDN 1 Ujung Tanjung. Palembang: 19(1), 31-37.
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.
Pertiwi, S. G., & Hidayah, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusia dalam Dunia Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 376–380. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1717
Pangesti, Amallia wahyu. 2017. Implementasi Penddikan Karakter MataPelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Di MI Ma’Arif NU 01 PAsir Kulon Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Purwokerto: Fakultas Ilmu Keguruan dan Tarbiyah, IAIN Purwokerto.
Setyaingsih, Dewi, Fitria Rosmi. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan PKn Di Sekolah Dasar. Program Studi PGSD STKIP Andi MATAPPA, 3(2).
Ulfah, N., Hidayah, Y., & Trihastuti, M. (2021). Urgensi Etika Demokrasi di Era Global: Membangun Etika dalam Mengemukakan Pendapat bagi Masyarakat Akademis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 329–346. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1576
Wibowo, Arif Prasetyo dan Margi Wahono. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme Indonesia. Semarang: Jurnal Civics, 14(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yohana R. U. Sianturi, Dinie Anggraenie Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.