PENINGKATAN MOTIVASI, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar ekonomi peserta didik MAN 2 Bantul melalui Media Pembelajaran E-Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bantul. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 MAN 2 Bantul yang jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran dengan Media E-Learning dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar ekonomi peserta didik dengan kategori minimal cukup dicapai oleh 15 peserta didik (44,11%), meningkat pada siklus I menjadi 25 peserta didik (76,47%) dan pada siklus II menjadi 28 peserta didik (82,35%). 2) Pembelajaran dengan menggunakan Media E-Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keaktifan belajar ekonomi peserta didik pada pra siklus peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar kategori minimal cukup dicapai oleh 15 peserta didik (44,12%), meningkat pada siklus I menjadi 23 peserta didik (67,65%) dan pada siklus II menjadi 28 peserta didik (82,35%). 3) Pembelajaran dengan menggunakan Media E-Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari rerata kelas pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Peserta didik yang mengalami tuntas belajar pada pra siklus 16 atau 47,06%, meningkat pada siklus I yaitu 22 peserta didik 64,71% tuntas belajar, dan meningkat pada siklus II sebanyak 26 peserta didik atau 76,47%.Kata Kunci: Motivasi, Keaktifan, Hasil Belajar, E-Learning
This study aims to increase the motivation, activeness, and economic learning outcomes of students at MAN 2 Bantul through E-Learning Learning Media. This research is Classroom Action Research. This research was conducted at MAN 2 Bantul. The subjects in this study were students of class X IPS 2, MAN 2 Bantul, with 34 students. Data collection techniques in this study used questionnaires, interviews, and tests. The data analysis technique used descriptive quantitative. The results of this study indicate that 1) Learning with E-Learning Media can increase learning motivation. This is evidenced by the increase in students' motivation to learn economics with a minimum category of enough to be achieved by 15
 Mas Indah Murdaningrum adalah Mahasiswa Program Pascasarjana. Esti Setiawati adalah Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 16, No.2, November 2021 Mas Indah M & Esti S, Peningkatan…
264
students (44.11%), increasing in the first cycle to 25 students (76.47%) and in the second cycle to 28 students (82,35%). 2) Learning by using E-Learning Media can increase learning activity. This is evidenced by the increase in students' motivation to learn economics in the pre-cycle of students who have a minimum category of learning activity that is sufficient to be achieved by 15 students (44.12%), increasing in the first cycle to 23 students (67.65%) and in the second cycle II to 28 students (82.35%). 3) Learning by using E-Learning Media can improve learning outcomes. The increase in student learning outcomes seen from the average pre-cycle class, cycle I and cycle II experienced an increase. Students who have completed learning in pre-cycle 16 or 47.06%, increased in cycle I, namely 22 students, 64.71% completed learning, and increased in cycle II as many as 26 students or 76.47%.
Keywords: Motivation, Activity, Learning Outcomes, E-Learning
References
DAFTAR PUSTAKA
Saravanakumar, Educational Psychology. Ahmedabad: Sara Book Publication, 2016.
K. Rich, Motivating Defiant And Disruptive Students to Learn. California: A Sage Publication Company, 2012.
Siregar and H. Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Rusman, Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers, 2018.
P. James KPOLOVIE, A. Igho JOE, and T. Okoto, “Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School,†Int. J. Humanit. Soc. Sci. Educ., vol. 1, no. 11, pp. 73–100, 2014, [Online]. Available: www.arcjournals.org.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenad aMedia Group, 2018.
D.T. Tawfiq Abu-Hamdan and D. F. Rasheed Khader, “Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses,†vol. 5, no. 3, pp. 130– 137, 2014, doi: 10.5176/2251-1814_eel14.59.
Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2013.
H. B. Uno and N. Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Munir, Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2012.
Ruth C. Clark and R. E. Mayer, E-learing and the science of introduction. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc, 2016.
N. Mohammed Ouadoud, Mohamed Yassin Chkouri, “Learning Management System and the Underlying Learning Theories: Towards a New Modeling of an LMS,†Int. J. Inf. Sci. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 25– 33, 2018, [Online]. Available: http://innove.org/ijist/25.
H. Dhika, F. Destiawati, S. Surajiyo, and M. Jaya, “Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle,†Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol. 2, no. 0, pp. 228–234, 2020, [Online]. Available: http://tunasbangsa.ac.id/seminar/ index.php/senaris/article/view/166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Sosialita by Master of Social Studies Program is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International