PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Rokhmat Nurhadi Rokhmat Nurhadi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sri Pawiti Sri Pawiti

Abstract

Rokhmat Nurhadi dan Sri Pawiti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar melalui metode jigsaw pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) melalui penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SD, yang ditunjukkan dengan kategori minat belajar baik dan sangat baik yang dicapai pada prasiklus 25%, meningkat pada siklus I 40%, siklus II 55%, dan siklus III menjadi 85%; (2) melalui penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD, yang ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai KKM pada prasiklus 20%, meningkat pada siklus I 45%, siklus II 65%, dan siklus III menjadi 100%.
Kata kunci: minat, hasil belajar, jigsaw
The aims of this research are to increase learning interest and outcomes of 4th grades students of elementary school through jigsaw method. This classroom action research is in SD Negeri 3 Peniron Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. The subjects of this research are 20 students. Then, this research is conducted in 4 steps, are planning, action, observation, and reflection. The data collecting technique use observation, test, and field notes with descriptive quantitative to percentage as data analysis technique. The results of research showed that: (1) through jigsaw method can increase students’ learning interest that shown by both good and excellent category are 25 % in pre-cycle, become 40 % in 1st cycle, 55 % in 2nd cycle, and 85 % in 3rd cycle; (2) through jigsaw method can increase students’ learning outcomes that shown by students who reach KKM, are 20 % in pre-cycle, become 45 % in 1st cycle, 65 % in 2nd cycle, and 100 % in 3rd cycle.
Keywords: Interests, learning outcomes, jigsaw method

Downloads

Published

2022-03-21