PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH DASAR DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN REKONSTRUKSIONISME
Abstract
ABSTRAKPengaruh pemikiran filsafat rekonstruksionisme terhadap pengembangan kurikulum pendidikan IPS di sekolah dasar mengasumsikan manusia sebagai makhluk sosial mempunyai orientasi ke masa lalu dan sekarang dengan tujuan pendidikan terhadap pembentukkan masyarakat yang lebih baik dengan kurikulum sebagai rekonstruksi sosial mengutamakan kepentingan sosial di atas kepentingan individu tujuannya tanggung jawab tentang masa depan masyarakat. Dan Pengaruh filsafat rekonstruksionisme terhadap pendidikan IPS di sekolah dasar yaitu dengan adanya perubahan rancangan kurikulum, metode, media, azas belajar, budaya dan sumber belajar ke arah yang lebih progresif yang dianggap mampu menjawab tantangan zaman, dan pendidikan harus memadukan antara daya nalar, pikir, akal dan rasio dengan hati yang menjadi patokan dan ukuran tingkah laku manusia dengan iman dan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Aliran rekonstruksionisme dianggap cocok untuk dunia pendidikan yang lebih baik karena aliran ini bepikir bagaimana kita mampu menciptakan Sumber Daya Manusia yang sanggup bersaing di era modernisasi yang tidak hanya cerdas dalam bidang pengetahuan tetapi memiliki keterampilan dan sikap yang baik. Selain itu aliran ini menekankan bahwa peserta didik sebagai sasaran utama dalam pendidikan. Peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya dan pemikirannya dalam pemecahan suatu masalah. Jadi peran guru disini hanya sebagai fasilitator bukan yang banyak memberiakan pemecahan solusi suatu masalah. Maka melalui lembaga dan proses pendidikan rekonstruksionisme ingin merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang baru. Tanpa menghilangkan esensi budaya yang terdahulu.
Kata Kunci: ilmu pengetahuan social, sekolah dasar , rekonstruksionisme
The influence of the philosophy of reconstructionism on the development of the social science education curriculum in elementary schools assumes that humans as social beings have an orientation to the past and present with the aim of education towards the formation of a better society with the curriculum as social reconstruction prioritizing social interests over individual interests. front of the community. And the influence of reconstructionism philosophy on social studies education in elementary schools, namely by changing the curriculum design, methods, media, principles of learning, culture and learning resources towards a more progressive direction which is considered capable of responding to the challenges of the times, and education must combine reasoning, thinking, reason and ratio with the heart which is the benchmark and measure of human behavior with faith and devotion to God Almighty. The flow of reconstructionism is considered suitable for a better world of education because this flow thinks how we can create competitive human resources in the modernization era who are not only intelligent in the field of knowledge but have good skills and attitudes. In addition, this flow emphasizes that students are the main target in education. Students are required to be more
 C. Lenny Susilawati S adalah guru SD 1 Patalan Bantul.
Jurnal Sosialita, Vol. 14, No.2, November 2020 Lenny Susilawati, Pembelajaran Ilmu…
210
active in expressing their opinions and thoughts in solving a problem. So the role of the teacher here is only as a facilitator, not one who provides solutions to a problem. So through the educational institutions and processes of reconstructionism it wants to overhaul the old structure and build a new order of cultural life. Without eliminating the essence of the former culture.
Keywords: social sciences , elementary school, reconstructionism