PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN SOAL HOTS PILIHAN GANDA MELALUI IN HOUSE TRAINING
Abstract
Tri MarsihABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah IHT (in house training) dapat meningkatkan kemampuan guru SDN Kemiri dalam menyusun soal HOTS. Subjek dari penelitian ini yaitu guru-guru SD Negeri Kemiri tahun pelajaran 2020 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui analisa soal HOTS, pengamatan partisipasi keaktifan, serta performansi narasumber saat IHT berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IHT dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat soal HOTS pilihan ganda di SDN Kemiri Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Kenaikan nilai kemampuan guru dalam membuat soal HOTS pilihan ganda dari pra tindakan ke siklus I sebesar 53,75 yaitu dari 10 menjadi 63,75. Sedangkan dari siklus I ke siklus II ada kenaikan sebesar 9, 625 yaitu dari 63,75 menjadi 73,375. Hasil siklus I dapat diketahui bahwa lebih dari 90 % guru sudah mampu membuat soal dengan baik dan menjadi 100 % pada siklus II. Dan dari soal yang dibuat memiliki kategori baik karena sudah mencapai minimal 70%.
Kata Kunci: IHT(In House Training), Soal HOTS
This research purported to discover whether IHT (in house training) can improve the ability of teachers in State Elementary School (SDN) in creating HOTS muliple choices. Research subjects are teachers of SDN Kemiri academic year 2020 as many 8 persons. The research was conducted in two cycles. each cycle consisted of four stages i.e. planning, action, observation and reflection. data collection method is done by analyzing HOTS questions, observing the activeness of participants, and the eprformance of resource during IHT session. the result of the research indicated that IHT can improve steachers’ ability in making HOTS multiple choices in SDN Kemiri, Gebang District, Purworejo Regency. the improvement in teachers’ skill at making HOTS multiple choice from pre-action to cycle I was as much as 53,75 i.e from 10 to 63,75. From cycle I to cycle II there was improvement as much as 9, 625 i.e. from 63,75 to 73,375. Based on the result from cycle I it can be concluded that more than 90 % teachers had the ability to make good questions and this improved further to 100 % in cycle II. Questions made by the teachers can be grouped within good category since minimum 70% could be attained.
Keywords: IHT(In House Training), HOTS questions