PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI, DAN AKTIVITAS BELAJAR
Abstract
Siti Fathiyah SunatiABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan keaktifan belajar siswa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV A SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi rencana, tindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik diskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Peningkatan Minat Belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat belajar siswa yang dilihat dari pra siklus, minat siswa yang berkategori baik sebesar 57,14%, meningkat pada siklus I 71,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,86%. 2) Peningkatan Motivasi Belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa yang dilihat dari pra siklus, motivasi siswa yang berkategori baik sebesar 50%, meningkat pada siklus I 64,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 96.43%. 3) Peningkatan Aktivitas Belajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilihat dari pra siklus, aktivitas siswa yang berkategori baik sebesar 35,71%, meningkat pada siklus I 67,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,62%.
Kata kunci : model pembelajaran CTL, minat, motivasi, aktivitas.
This research purports to improve students’ interest, motivation and learning activities through Contextual Teaching and Learning (CTL) model. Research subjects are students from Class IV A in State Elementary School (SDN) 4 Wates, Kulon Progo regency in academic year 2018/2019 as many as 28 pupils. Data collection technique relied on observation, questionnaires as well interviews. Research procedures included planning, action, observation and reflection. Data analysis technique used in this research is descriptive-quantitative using percentage. The result of the research indicates that 1) Improvement in lerning interest after the implementation of Contextual Teaching and Learning (CTL) model is eveidenced by students’ learning intereset in pre cycle in which those falling within good category reached 57,14% and subsequently improved to 71,43% in cycle I and in cycle II rose further to 92,86%. 2) Improvement in learning motivation using Contextual Teaching and Learning (CTL) model is evidenced by students’ learning motivation in pre cycyle in which those falling within good category reached 50% and subsequently improved to 64,28% in cycle I and rose further in cycle II to 96.43%. 3) Improvement in learning activites after implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) model is evidenced by students’ learning activities in pre cycle, in which those falling within good category reached 35,71%, which improved to 67,85% in cylcle I and rose further in cycle II to 85,62%.
Keywords : CTL model, interest, motivation, activities