PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR BERCERITA
Abstract
Ismiyati dan SalamahABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media gambar bercerita pada pelajaran IPS sebagai upaya peningkatan motivasi, partisipasi dan prestasi belajar IPS dengan subjek penelitian 4 siswa tunagrahita ringan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes prestasi belajar.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif (persentase). Hasil setelah diadakan tindakan siklus 1). Peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I, bahwa 1 siswa (25%) dalam kategori baik dan 3 siswa (75%) dalam kategori cukup dan meningkat pada siklus II bahwa 1 siswa (25%) dalam kategori sangat baik dan 3 siswa (75%) dalam kategori baik. 2) Peningkatan partisipasi belajar siswa pada siklus I bahwa 3 siswa (75%) dalam kategori cukup dan 1 siswa (25%) dalam kategori kurang dan meningkat pada siklus II bahwa 1 siswa (25%) dalam kategori sangat baik dan 3 siswa (75%) dalam kategori baik. 3) Prestasi belajar IPS pada siklus I , bahwa 1 siswa (25%) mencapai KKM dan siklus II meningkat 4 siswa (100%) mencapai KKM bahkan melebihi KKM yang telah ditentukan.
Kata kunci : motivasi, partisipasi dan prestasi belajar, media gambar bercerita, anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita Ringan)
This study aims to describe the used of images story as a media in lessons IPS in order to increase student’s motivation, participation and learning achievement.The subjects are 4 mild mental retardation students. Data collection techniques used observation and learning achievement tests. The researchused quantitative descriptive analyzing(percentage). Results after cycle 1 of action is held). The improvement of student learning motivation in cycle I, that 1 students (25%) in both categories and 3 students (75%) in that category and increased in cycle II that 1 students (25%) within the category of very good and 3 students (75%) in the good category. 2) increased participation of students in the learning cycle I that 3 students (75%) in the category of pretty and 1 students (25%) in the category of less and increase in cycle II that students (25%) within the category of very good and 3 students (75%) in the category either. 3) learning achievements of IPS on the cycle I, that 1 students (25%) reach the KKM and cycle II increased 4 students (100%) reach the KKM even exceeds the KKM has been determined.
Keywords: motivation, participation and learning achievement, media picture tells the story, the children in need special (Mild Mentally Retardation)