PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENGEMBANGAN EMOSI SOSIAL PESERTA DIDIK
Abstract
Yeni Salindri dan SalamahABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter
dalam pengembangan emosional, pelaksanaan pendidikan karakter dan
faktor penghambat serta solusi pendidikan karakter dalam pembentukan
kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Mts. M. Basuni Imran, Kabupaten
Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Waktu penelitian dilakukan dari bulan
Januari sampai dengan bulan April 2021. Subjek penelitian adalah guru dan
kepala sekolah yang menerapkan pendidikan karakter pada pengembngan
emosi sosial peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur,
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang
terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembentukan kecerdasan
emosional peserta didik; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam
mengembangkan emosional peserta didik sudah terlaksana dengan baik.;
(3) Hambatan pendidikan karakter dalam pengembangan emosional peserta
didik adalah krisis keteladanan dari orang tua dan masyarakat di lingkungan
tempat tinggal, serta lingkungan di luar sekolah yang menghambat
pembentukan karakter, yakni pengaruh lingkungan pergaulan remaja
dewasa ini, kerusakan akhlak dalam lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Pendidikan karakter, Pengembangan, Emosi Sosial
This study aims to: determine the values of character education in the
emotional development, the implementation of character education, and the
inhibiting factors and solutions for character education in the formation of
students' emotional intelligence. This study uses a qualitative method. This
research was conducted at Mts. M. Basuni Imran, Sambas Regency, West
Kalimantan Province. The time of the study was carried out from January
to April 2021. The research subjects were teachers and school principals
who applied character education to the development of social emotions of
class VIII students. Data collection techniques used are participatory
observation, semi-structured interviews, documentation. The data analysis
technique uses interactive analysis which consists of three paths, namely
data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of
the study concluded that: (1) The forms of inculcation of character
education values in the formation of emotional intelligence of students; (2)
The implementation of character education in developing the emotional
development of students have been carried out well. (3) Barriers to
character education in the emotional development of students was a crisis
of exemplary from parents and the community in which participants live
students, as well as the environment outside of school that hinders
character formation, namely the influence of today's adolescent social
environment, moral damage in the community.
Keywords: Character Education, Development, Social Emotion