IMPLEMENTASI PEMBINAAN STRATEGI DRTA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR MEMBACA

Authors

  • Uripto Uripto Pengawas Kabupaten Purworejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa kelas 1 Sekolah Dasar Se Gugus Ontorejo melalui strategi DRTA dengan media flashcard. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik observasi dan wawancara. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dengan media Flashcard memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 60,00% dan 88,00%. Kinerja Guru meningkat ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini adalah melalui strategi DRTA dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa.

Kata Kunci: Pembinaan, strategi DRTA, kualitas mengajar

References

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zaenal dkk. 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimidkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006

Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta:

Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta:

Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Doyin, Mukh dan Wagiran. 2011. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan

Karya Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri SemarangPress. Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Iskandar, Dadang. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:Remaja

Rosdakarya.

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: Bumi

Aksara

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan

Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali

Pers.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:

Kencana.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles