IMPLEMENTASI PEMBINAAN STRATEGI DRTA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR MEMBACA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa kelas 1 Sekolah Dasar Se Gugus Ontorejo melalui strategi DRTA dengan media flashcard. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik observasi dan wawancara. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dengan media Flashcard memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 60,00% dan 88,00%. Kinerja Guru meningkat ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini adalah melalui strategi DRTA dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa.
Kata Kunci: Pembinaan, strategi DRTA, kualitas mengajar
Referensi
Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zaenal dkk. 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimidkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta:
Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta:
Direktoral Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Doyin, Mukh dan Wagiran. 2011. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan
Karya Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri SemarangPress. Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Iskandar, Dadang. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi.
Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: Bumi
Aksara
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali
Pers.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:
Kencana.