PENGARUH KONSEP DIRI, PENGGUNAAN GADGET, DAN PERHATIAN ORANG TUA, TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Penulis

  • SEVEN RIANTO GULO SEVEN RIANTO GULO UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • ESTI SETIAWATI ESTI SETIAWATI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Abstrak

Seven Rianto Gulo dan Esti Setiawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, penggunaan gadget, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expose facto. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, dari populasi 1.207 diambil sampel 300 peserta didik kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kasihan. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar (thitung = 1,909, p = 0,036 < 0,05) 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan gadget terhadap prestasi belajar (thitung = 1,199, p = 0,002 < 0,05). 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS (thitung = 2,742, p = 0,006 < 0,05). 4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri, penggunaan gadget, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (nilai Fhitung= 43,433 dengan p= 0,00<0,05).
Kata Kunci : Konsep Diri, Penggunaan Gadget, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar
This research aims to know the influence of self-concept, use of gadget, and parents' attention to learning achievement IPS. The type of research used in this research is a quantitative approach to the type of expose facto research. Determination of samples using the formula of Slovin, of the population of 1,207 taken samples 300 students of class VIII Junior District Kasihan. To determine the number in each school used proportional random sampling technique. Data collection using document and questionnaire method. Data analysis techniques use descriptive quantitative analysis. The results show: 1) there is a positive and significant influence between the self concept towards learning Achievement IPS (tcount = 1.909, p = 0.036<0.05). 2) There is a positive and significant influence between the use of gadgets against the achievement of learning IPS (tcount = 1,199, p = 0.002<0.05). 3) There is a positive and significant influence between the attention of parents to the achievement of learning IPS (tcount = 2,742, p = 0.006<0.05). 4) There is a positive and significant influence between the concept of self, the use of gadgets, and the parental attention to learning achievement IPS (Fvalue 43,433 with p = 0.00<0.05).
Keywords: self concept, use of gadgets, attention of parents, learning

Diterbitkan

2022-03-15