PENINGKATAN APRESIASI, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GRABAG MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY

Penulis

  • Fransisca Dewi Presti A Fransisca Dewi Presti A Universitas PGRI Yogyakarta
  • VICTOR NOVIANTO VICTOR NOVIANTO Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Fransisca Dewi Presti Anggarini dan Victor Novianto
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan 1) meningkatkan apresiasi dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery 2) meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery. 3) Meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA N 1 Grabag Magelang yang berjumlah 32 siswa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Peningkatan apresiasi dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery Apresiasi belajar meningkat ditunjukkan dari siswa yang mempunyai apresiasi belajar baik pada pra siklus 21 siswa (65,63%) meningkat siklus I menjadi 23 siswa (71,88%), meningkat pada siklus II menjadi 30 siswa (93,75%). 2) Peningkatan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery, ditunjukkan dari siswa yang mempunyai keaktifan belajar baik pada pra siklus 18 siswa (56,25%) meningkat pada siklus I menjadi 25 siswa (78,13%), meningkat pada siklus II menjadi 31 siswa (96,88%). 3) Peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada siswa kelas X A di SMA N 1 Grabag Kabupaten Magelang, ditunjukkan dari siswa yang mencapai nilai KKm dicapai pada pra siklus adalah 17 siswa (53,12%), pada siklus I menjadi 24 siswa (74%) mencapai nilai KKM, dan pada siklus II 30 siswa (93,75% mencapai nilai KKM)
Kata Kunci: keaktifan, prestasi belajar, model pembelajaran make a match
This study aims at 1) increasing appreciation in economic learning by using discovery learning methods 2) increasing the activeness in economic learning by using discovery learning methods 3) Improve learning outcomes in economic learning by using discovery learning methods. This research is classroom action research. The subjects of this study were students of class X A Grabag Magelang N 1 High School, amounting to 32 students. Data collection techniques are carried out by observation and tests. The data analysis technique uses quantitative descriptive techniques with percentages. The results of the study concluded that 1) Increased appreciation in economic learning by using discovery learning. Increased learning appreciation was shown from students who had good learning appreciation in the pre-cycle 21 students (65.63%) increased the first cycle to 23 students (71.88%), increased in the second cycle to 30 students
 Fransisca Dewi Presti Anggarini adalah Alumni Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Victor Novianto adalah Dosen Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 13, No.1, Maret 2020 Fransica dan Victor, Peningkatan Apresiasi…
14
(93.75%). 2) Increased activity in economic learning using discovery learning methods shown from students who have good learning activeness in the pre-cycle 18 students (56.25%) increased in cycle I to 25 students (78.13%), increased in the second cycle to 31 students (96.88%). 3) Improving learning outcomes in economic learning by using discovery learning methods, shown from students who achieved KKm scores achieved in the pre-cycle were 17 students (53.12%), in the first cycle became 24 students (74%) reached the KKM score, and in the second cycle 30 students (93.75% reached the KKM score).
Keywords: appreciation, active learning outcomes, discovery learning models

Diterbitkan

2022-03-15