PENGARUH POLA ASUH, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Penulis

  • Sobron Nur Djamal Sobron Nur Djamal Universitas PGRI Yogyakarta
  • Buchory MS Buchory MS Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Sobron Nur Djamal dan Buchory M.S. 
ABSTRAK
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar serta pola asuh, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kertek, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jumlah populasi sebesar 758 siswa dan sampel yang digunakan adalah 238. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5 % (0,464>0,127); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan pada taraf signifikansi 5 % (0,266 >0,127); 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5 % (0,758 >0,127); dan 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari perhitungan F hitung lebih besar dari F tabel (126,276 > 2,65).Variabel pola asuh, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar menyumbang 61,8 % terhadap variabel prestasi belajar siswa.
Kata kunci: pola asuh, status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar IPS
This quantitative research aims to determine the effect of parenting patterns, parents socioeconomic status, and learning motivation then parenting, parents socioeconomic status, and learning motivation together towards students’ learning outcomes achievement of Social Sciences (IPS). The population of this research are students of SMP Negeri 1 Kertek, Kabupaten Wonosobo, 2015/2016. The total population is 758 and the sample used is 238 students. Proportional random sampling is used for
 Sobron Nur Djamal adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Buchory M.S adalah Guru Besar Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 8, No.2, November 2016 Djamal dan Buchory, Pengaruh Pola …..
176
sampling technique. Data collected by questionnaire and documentation method. Hypothesis tested by partial correlation analysis and multiple regression analysis. The result of this research shows: 1) there is positive and significant influence of parenting pattern to IPS learning achievement, indicated from the price of r count greater than r table at 5% significance level (0,464> 0,127); 2) there is a positive and significant influence of parents socioeconomic status on IPS learning achievement, indicated from the price r count greater than r table with at significance level 5% (0,266> 0,127); 3) there is a positive and significant influence of learning motivation on IPS learning achievement, shown from the price r count greater than r table at 5% significance level (0.758> 0.127); and 4) there are positive and significant influence of parenting parenting, parents socioeconomic status, and students' learning motivation together to IPS learning achievement, shown from calculation of F count bigger than F table (126,276> 2,65). Variables of parenting, parents socioeconomic status, and motivation to learn accounted for 61.8% of student achievement variables.
Keywords: parenting pattern, parents socioeconomic status, learning motivation, IPS learning achievement

Diterbitkan

2022-03-22

Terbitan

Bagian

Articles