PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PENINGKATAN MINAT, MOTIVASI, DAN AKTIVITAS BELAJAR
Abstrak
Siti Fatiyah dan Much. AmienABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan minat, motivasi, dan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 4 Wates Kulon Progo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) terdapat peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari prasiklus, siswa berkategori baik sebesar 57,14%, menjadi 71,43% di siklus I dan 92,86% di siklus II; (2) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari prasiklus, siswa berkategori baik sebesar 50%, meningkat menjadi 64,28% di siklus I dan 96.43% di siklus II; serta (3) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, yang dapat dilihat dari dari prasiklus, aktivitas siswa yang berkategori baik sebesar 35,71%, menjadi 67,85% di siklus I dan 85,62% di siklus II.
Kata kunci: model pembelajaran CTL, minat, motivasi, aktivitas.
This classroom action research aims to explain the increasing of students’ learning interest, motivation, and activity through contextual teaching and learning (CTL) learning model. The research subjects are students in grade IV A SD Negeri 4 Wates Kulon Progo 2014/2015 academic year (28 students). For collecting data uses observation, questioners, dan interview. The research procedures consist of planning, acting, observation, and reflection. Then, for analyzing data uses quantitative descriptive with percentage. The results of research are: (1) there are increasing students’ learning interest in good category from pre-cycle around 57,14%, become 71,43% in 1st cycle dan 92,86% in 2nd cycle; (2) there are increasing students’ learning motivation in good category from pre-cycle around 50%, become 64,28% in 1st cycle and 96.43% in 2nd cycle; and also (3) there are increasing students’ learning activity in good category from pre-cycle around 35,71%, become 67,85% in 1st cycle and 85,62% in 2nd cycle.
Keywords: CTL learning model, learning interest, motivation, activity.
Unduhan
Diterbitkan
2022-03-22
Terbitan
Bagian
Articles