PENINGKATAN MINAT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE
Abstrak
Deni Tinursani dan SalamahABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan minat, keaktifan,
dan hasil belajar Sosiologi melalui model pembelajaranthink pair share
pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran
2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 32 orang.
dengan prosedur umum meliputi tahapan planning, acting, observing, dan
reflecting. Adapun metode pengambilan data dengan observasi, angket,
dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan think pair share dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan hasil
belajar Sosiologi pada peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan
dengan peningkatan minat belajar yang pada tahap prasiklus sebesar 0%
menjadi 3,137% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 menjadi 78,13%
dengan kategori minimal baik; peningkatan keaktifan belajar yang pada
tahap prasiklus sebesar 0% menjadi 40,63% pada siklus 1, kemudian
meningkat menjadi 90,63% dengan kategori minimal baik pada siklus 2;
dan peningkatan hasil belajar yang pada tahap prasiklus sebesar 12,50%
menjadi 59,38% pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 100% pada
siklus 2.
Kata Kunci: Minat belajar, keaktifan belajar, hasil belajar, think pairshare
This study aims to explain increasing interest, activity, and learning
outcomes of Sociology through the think pair share learning model in class
XI students of SMA Negeri 1 Sedayu for the 2019/2020 school year. This
research is a classroom action research. The subjects in this study were
class XI students, totaling 32 people. with general procedures covering the
stages of planning, acting, observing, and reflecting. The data collection
method is observation, questionnaires, documentation, and learning
outcomes tests. The results of this study indicate that the application of
think pair share can increase the interest, activity, and learning outcomes
of Sociology in students. This increase can be proven by an increase in
interest in learning which at the pre-cycle stage was 0% to 3.137% in cycle
1, then in cycle 2 it became 78.13% with a minimum category of good;
increased activitystudy which at the pre-cycle stage was 0% to 40.63% in
cycle 1, then increased to 90.63% with a minimum category of good in
cycle 2; and an increase in learning outcomes at the pre-cycle stage by
12.50% to 59.38% in cycle 1, then increasing to 100% in cycle 2.
Keywords: In
Unduhan
Diterbitkan
2022-04-05
Terbitan
Bagian
Articles