PENINGKATAN MOTIVASI, KINERJA DAN KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA SEKOLAH MELALUI PENYUSUNAN PROGRAM SUPERVISI DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF
Abstrak
Mundiharto dan Victor NoviantoABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi kepala sekolah,
kinerja, dan kepemimpinan efektif kepala sekolah melalui penyusunan
program supervisi dengan pendekatan interaktif bagi Kepala Sekolah. Jenis
penelitian merupakan penelitian tindakan sekolah. Subjek dalam penelitian
ini kepala sekolah di gugus Balecatur Sleman. Tahapan dalam penelitian ini
meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman
observasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif
dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan
supervisi dengan pendekatan interaktif mampu meningkatkan motivasi
kerja, dari (28,57%) setelah peneliti melakukan supervisi secara interaktif
meningkat menjadi 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%;
Kinerja kepala sekolah meningkat melalui kegiatan supervisi dengan
pendekatan interaktif, dari (28,57%) meningkat 57,14% pada siklus I dan
pada siklus II meningkat 85,71%); dengan melakukan supervisi dengan
pendekatan interaktif mampu meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah,
dari 28,57%, meningkat 71.42% pada siklus I dan pada siklus II
meningkat menjadi 100% .
Kata kunci : motivasi kerja, kinerja , dan kepemimpinan kepala sekolah
This study aims to improve the motivation of school principals, principals'
performance and effective leadership of school principals through the
preparation of supervision programs with an interactive approach for
Principals. This type of research is a school action research. The subjects
in this study were the school principals in the Balecatur cluster in Sleman.
The stages in this study include four stages, namely planning,
implementation, observation and reflection. Data collection techniques in
this study used a questionnaire and observation guidelines. Data analysis
techniques using quantitative descriptive methods with percentages. The
results showed that by supervising an interactive approach could increase
work motivation, from 28.57% increased 57.14 % and increased to 100%;
Principal performance improved through supervision activities with an
interactive approach, from 28.57% increased 57.14% and increased
85.71%; by supervising with an interactive approach can improve the
leadership of principals, from 28.57% increasing 71.42% and increased to
100%.
Keywords: work motivation, performance, and leadership of school
principals
Unduhan
Diterbitkan
2022-04-05
Terbitan
Bagian
Articles