PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PPKN

Penulis

  • Raharjo Raharjo Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Raharjo
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan observasi nampak bahwa
keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran masih kurang. Hal itu
ditunjukkan dari 36 siswa, 25 siswa atau 69,44% masih kurang serius
karena sebagian besar siswa tidak mengumpulkan tugas yang diberikan.
Dalam memperhatikan penjelasan dari guru, keaktifan dalam
menanggapi pertanyaan dari guru atau mengajukan pertanyaan kepada
guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan kata lain yang
aktif dalam pembelajaran hanya sebanyak 11 siswa atau 30,56 %. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
PPKn menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada
siswa kelas X TPB SMKN 1 Sedayu Negeri 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan
dalam 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan
refleksi. Hasil penelitian dari masing-masing siklus meningkat.
Berdasarkan hasil pengamatan siklus II diperoleh rata-rata motivasi 81,25%
(meningkat 20,83% dari siklus 1 yaitu 60,42%) dan hasil belajar adalah
82,5 (meningkat 12,5 % dari siklus 1 yaitu 70) dari 36 siswa yang
mendapat nilai 70 terdapat 7 siswa, 75-87 terdapat 16 siswa, rentang 88-
100 terdapat 13 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar kelas X TPB SMKN 1 Sedayu Tahun Pelajaran
2020/2021.
Kata Kunci:, Project Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar
The background of this study is based on the observation done that shows
the result lack of students’ activeness in involving the class. It is shown
from 36 students there are 25 of them or 69,44 % are not seriously joining
the class by not submitting the task given. It is also happened in responding
and questioning teachers’ explanation. It is only 11 students or 30,56%
who are active. The aim of this study is to improve students’ motivation
and learning result of PPKn subject in topic Wawasan Nusantara in
NKRI context using Project based learning for students of X TPB class
of Smkn 1 Sedayu in year 2021. It is a classroom action research done in
two cycles conducting in 4 steps namely planning, action, observation and
reflection. The finding shows that each cycle improves. The result of
observation in cycle II gained the average of motivation 81,28% from
60,42% in cycle I (improve 20,83%) and result of learning 82,5 ( improve
12,5% from 70 in cycle I). From 36 stidents there are 7 students got 70, 16
students got 75-87 and 13 got 88-100. The conclusion from this study is that
implementing PjBL can improve the learning result of of PPKn using
Project based learning for students of X TPB class of Smkn 1 Sedayu in
year 2021
Key words Project Based Learning motivation learning result

Diterbitkan

2022-04-05