PENINGKATAN MOTIVASI, KREATIVITAS, DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE BELAJAR E-LEARNING
Abstrak
Septia Wulandari dan KodiranABSTRAK
Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi, Kreativitas, dan
Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Belajar E-Learning. Subjek
penelitian tindakan kelas ini, siswa kelas VII 2 Taman Dewasa Jetis
Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa, dan obyek penelitianya adalah mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik Pengumpulan data yang
digunakan dengan teknik dokumentasi, observasi, test dan angket. Teknik
analisi data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari
peneltiian ini adalah penerapan model pembelajaran E-Learning dapat
meningkatkan motivasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada
pra penelitian motivasi siswa yang berkategori baik menacapai 11,5%,
kemudian pada siklus I meningkat menjadi 50% dan meningkat kembali
pada siklus II yaitu 80,1% dan dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa
dengan data pra penelitian yang berkatagori baik 7,7%, menjadi 46,1%
pada siklus I, dan meningkat kembali 84,6% pada siklus II, serta dapat
meningkatakan Prestasi Belajar siswa dari pra penelitian 30,8%, menjadi
61,5% pad siklus I, dan meningkat kembali 84,6% pada siklus II,
Kata kunci:Motivasi, Kreativitas, dan Presatasi
This research aims to improve Social Sciences Motivation, Creativity, and
Learning Achievement through E-Learning. This research was conducted at
Jetis Yogyakarta Adult Park Middle School from July to September 2018.
The subject of this class action research, students of class VII 2 Jetis Junior
High School in Yogyakarta, amounting to 26 students, and the research
object were Social Sciences subjects. Data collection techniques used with
documentation techniques, observation, tests and questionnaires. The data
analysis technique used is quantitative descriptive.The conclusion of this
study is the application of the E-Learning learning model can increase
motivation in learning Social Sciences. In the pre-study motivation of good
categorized students reached 11.5%, then in the first cycle increased to
50% and increased again in the second cycle of 80, 1% and can increase
student achievement from pre-study 30.8%, to 61.5% in the first cycle, and
increase again 84.6% in the second cycle, and can increase student
learning creativity with pre-research data that is categorized as good 7 ,
7%, to 46.1% in the first cycle, and increased again by 84.6% in the second
cycle.
Keywords: Motivation, Precision, and Creativity
Unduhan
Diterbitkan
2022-04-05
Terbitan
Bagian
Articles