UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUPEL MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN
Abstrak
WinarniABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,
pembelajaran yang menggunakan metode yang tepat dapat membangkitkan
minat dan motivasi siswa untuk belajar, sehingga anggapan matematika
adalah pelajaran yang sulit dapat terhapuskan selanjutnya hasil belajar
siswa pun akan meningkat. Didasari pada latar belakang diatas, penulis
berusaha menerapkan penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar
yaitu dengan menggunakan media kartu bilangan. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar muatan
terpadu matematika siswa tentang pengurangan bilangan bulat di kelas I
SDN Popongan setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan
penggunaan media kartu bilangan dan meningkatkan kemampuan guru
dalam mengimplementasikan model pembelajaran matematika dengan
penggunaan media kartu bilangan yang berorientasi pada upaya
meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses
pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti
mengambil subjek penelitian siswa kelas I SDN Popongan Kecamatan
Banyuurip Kab. Purworejo dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika
dengan menggunakan model pembelajaran matematika dengan penggunaan
media kartu bilangan mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rekapitulasi
hasil pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 58,46 dan siklus II dengan
nilai rata-rata 66,92. Maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan
model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Untuk kedepannya diperlukan penelitian yang lebih dalam pada materi
pelajaran matematika yang lain.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Bilangan Bulat, Kartu Bilangan
This research is based on Mathematics learning at elementary school.
Learning using appropriate method may stimulate students’ learning
interest and motivation; hence, opinion assuming that mathematics as a
difficult subject can be eliminated, so learning achievement can improve.
Based on the background, the writer attempts to apply the method in
teaching learning activity, i.e. through the use of number card media. This
research aims to identify how is students’ mathematics integrated learning
achievement on integer subtraction at class I of SDN Popongan (Popongan
State Elementary School) after mathematics learning using number card
media and to improve teacher’s competence in implementing mathematics
learning model using number card media, in order to increase students’
learning achievement. Method adopted was Classroom Action Research
with two cycles, i.e. each cycle consisting of learning plan, implementation,
observation, and reflection. Subjects involved 23 class I students at SDN
 Winarni adalah Guru SDN Popongan Kecamatan Banyuurip Kab. Purworejo.
Jurnal Sosialita, Vol. 17, No.1, Maret 2022 Winarni, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar…
190
Popongan, Banyuurip sub-district, Purworejo regency. Result show that
students’ mathematics learning achievement using number card media has
improved in each cycle. Recapitulation of learning achievement indicated
average score of 58.46 and 66.92 at cycles I and II, respectively. Therefore,
the result of this research showed that mathematics learning using number
card media has been able to improve students’ mathematics learning
achievement. However, future research on other mathematics materials is
necessary to conduct.
Keywords: learning achievement, integer, number card
Unduhan
Diterbitkan
2022-04-05
Terbitan
Bagian
Articles