MENINGKATKAN ANTUSIASME MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CINEMATHERAPY

Penulis

  • Sumami Sumami Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Sumami
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme mengikuti layanan
bimbingan klasikal dan untuk meningkatkan hasil layanan bimbingan
klasikal dengan teknik cinematherapy pada siswa SMP Negeri 4 Sentolo.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Sentolo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 24 siswa. Data yang
diperlukan dalam penelitian ini adalah data tentang antusiasme peserta
didik mengikuti layanan bimbingan klasikal yang diperoleh melalui
observasi dan data tentang hasil layanan yang diperoleh melalui tes evaluasi
hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). meningkatnya antusiasme
mengikuti layanan bimbingan klasikal 2) meningkatnya hasil layanan
secara individu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Teknik
cinematherapy dapat meningkatkan antusiasme mengikuti layanan
bimbingan klasikal dan dapat meningkatkan hasil layanan bimbingan
klasikal pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sentolo.
Kata kunci : Antusiasme, Bimbingan Klasikal, Cinematherapy
This study aims to increase the enthusiasm of classical guidance services
and to improve the results of classical guidance services with
cinematherapy techniques for students of 4 Sentolo Junior High School.
This research was conducted at 4 Sentolo Junior High School. This study
uses a Classroom Action Research approach. The subjects in this study
were eight A grade students with a total of 24 students. The data needed in
this study is data about the enthusiasm of students to follow classical
guidance services obtained through observation and data about service
results obtained through evaluation tests of results. The results showed that
1). increasing enthusiasm for classical guidance services 2) increasing
individual service outcomes. The conclusion of this study is that the
cinematherapy technique can increase enthusiasm for participating in
classical guidance services and can improve the results of classical
guidance services for eight A grade students of 4 Sentolo Junior High
School.
Keywords: Enthusiasm, Classical Guidance, Cinematherapy

Diterbitkan

2022-04-05