PENINGKATAN MOTIVASI, KEAKTIVAN, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA KARTU JEJAK PETA

Penulis

  • Ngadino Ngadino Universitas PGRI Yogyakarta
  • sukadari sukadari Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, Keaktivan, dan hasil belajar IPS melalui media kartu jejak peta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Mrentul Bonorowo Kebumen dengan jumlah peserta didik 7 peserta didik. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui tes dan observasi serta dialog dengan teman sejawat. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu jejak peta dapat meningkatkan motivasi, Keaktivan, dan hasil belajar IPS pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada studi awal peserta didik yang termotifasi belajar 3 peserta didik (42,85%) pada siklus I, 4 peserta didik (57,13%), siklus II 6 peserta didik (85,71%) dan pada siklus III 7 peserta didik (100%). Pada nilai studi awal rata-rata kelas mencapai 60,00, pada siklus I 67,14, pada siklus II 72,14 dan siklus III naik menjadi 79,28

Kata kunci : Motivasi, Keaktivan, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Referensi

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka

Cipta.

Edgar Dale. 2010. Pengalaman Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Krapp. 2010. Minat dan Bakat Anak. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan

Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal Aqib. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yarma Widya.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles