HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA SMAN SE-KABUPATEN PASER
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1569Keywords:
Stres akademik, kepribadian tangguh, dukungan sosialAbstract
Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara kepribadian tangguh dan dukungan sosial terhadap stres akademik SMAN Se-Kabupaten Paser.Tujuan pada penelitian ini ialah memperoleh informasi mengenai tingkat masing-masing variabel serta hubungan antar variabel. Jenis  penelitian ini ialah kuantitatif ex post facto dengan desain korelasional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat stres akademik sedang (M=2,75), tingkat kepribadian tangguh sedang (M=2,70), serta tingkat dukungan sosial sedang (M=2,78). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepribadian tangguh dengan stres akademik (t=-2,791, β=-0,116, p=<0,01), terdapat hubungan negatif dan signifikan antara stres akademik (t=,-0,112, β=-0,006,p=<0,01), serta terdapat hubungan dan signifikan antara kepribadian tangguh dan dukungan sosial terhadap stres akademik (R=0,181, R2 =0,033, F=4,268, p=<0,01) yang mana secara simultan dapat memprediksi stres akademik sebesar 3,3%. Berlandaskan hasil penelitian, diharapkan dapat diimplikasikan bagi Guru BK di sekolah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.