PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP AGRESIVITAS ANAK KELAS VIII KORBAN BROKEN HOME DI SMP MASEHI 3 PSAK SEMARANG

Authors

  • Anastasya Kusumaningtyas Simon Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Wiwik Kusdaryani Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Farikha Wahyu Lestari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2185

Abstract

Agresivitas merupakan fenomena yang biasa ditemui dalam kehidupan bersosial. Korban
dan pelaku dari agresivitas ini rata-rata adalah siswa sekolah. Agresivitas yang terjadi
disekolah disebabkan oleh beberapa faktor terutama faktor broken home (perceraian)
yang mengakibatkan siswa menjadi kurang perhatian dan mulai mencari perhatian dengan
cara yang negative. Untuk dapat menurunkan angka agresivitas pada siswa, diperlukan
adanya sebuah treatment dengan layanan konseling kelompok teknik self-instruction dari
pendekatan CBT. Teknik ini bertujun untuk mengubah pola pikir yang salah menjadi
rasional sehingga mempengaruhi perilaku siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah one group pre-test post-test design dengan hanya menggunakan satu
kelompok tanpa pembanding. Hasil perhitungan angka menggunakan uji paired t test
yang menunjukan hasil ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ yaitu 2,8076 > 2,571, artinya ð»ð›¼ diterima dan
ð»0 ditolak. Dimana hasil menunjukkan adanya pengaruh dari layanan konseling
kelompok teknik self-instruction terhadap agresivitas siswa.
Kata kunci: Self-instruction, Agressivitas, Broken home, konseling kelompok

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Simon, A. K., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2021). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP AGRESIVITAS ANAK KELAS VIII KORBAN BROKEN HOME DI SMP MASEHI 3 PSAK SEMARANG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 69–73. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2185

Citation Check