HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3466Keywords:
Konsep Diri, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Institut Indonesia Semarang dilatar belakangi oleh rendahnya konsep diri. Hal ini ditandai dengan kurang optimalnya siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Beberapa perilaku yang dimunculkan siswa adalah siswa tidak memiliki rasa aman terhadap dirinya, siswa tidak pernah merasa puas atas waktu luang yang didapatkan, dan hanya memperhatikan dirinya sepanjang waktu. Hal ini berdampak pada tugas yang telah diberikan, serta terganggunya proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sejumlah 94 siswa, meliputi XI IPS 2, XI IPS 2, XI IPS 3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan semua anggota populasi yang dimiliki oleh populasi tersebut yaitu menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 61 siswa. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,497. Sedangkan nilai r table untuk jumlah sampel 61 dengan taraf signifikasi 5% didapat sebesar 0,254. Oleh karena nilai r hitung 0,497 > r table 0,254, maka disimpulkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPSSMA Institut Indonesia Semarang.
Â
References
Agustiani, 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri). Bandung: PT Refika Aditama.
Asri, D. N., dan Sunarto. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol 6 (1)
Asy’ari, M,. Ekayati, I. M., & Matulessy, A. 2014. Konsep Diri, Kecerdasan Emosi, dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 03 (1) : 83-89.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D., 2020. Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3 (1) : 123-140
Dayaksini, T dan Hudaniah, 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press
Delima, Nita. 2016. Hubungan Konsep Diri dan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. JPPM. Vol 9 (2)
Desmita, 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Desmita, 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol 5 (2)
Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Hutagalung, 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT INDEKS
Islamuddin Haryu, 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mahmud, 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nirwana, dkk, 2015. Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap bimbingan dan konseling. Ejournal.Unp. Vol 4 (4)
Nurjan, Syarifan. 2016. Psikologi Belajar. Ponorogo: CV Wade Group
Nursalim Mochamad, dkk (2019). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Parwami, Afi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Pervin, dkk. 2015. Psikologi kepribadian: teori dan Penelitian. Jakarta: Prenada Group
Rahman, U. dan Idham. 2020. Academic Procrastination in Term of Student Self Concept and Sel Efficacy. Psychology And Education
Saefullah, 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Saraswatia, G. K., Zulpahiyana & Arifah, S. 2015. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja diSMPN 13 Yogyakarta. Journal Ners and Midwifery Indonesia. Vol 3 (1)
Soemanto, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Subaryana, 2015. Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vol 7 (2)
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumarsid, 2019. Character Building. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sunarto dan Agung H. Perkembangan Peserta Didik. 2013. Jakarta: Rineka Cipta
Syahrul, S., Linda & Popi F. 2021. Kontribusi Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar siswa SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 8 (2)
Wibowo, 2013. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers
Widiarti, P.W. 2017. Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP se-kota Yogyakarta. Kajian Ilmu Komunikasi. Vol 43 (1)
Willis, Sofyan S. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Yandri, Alfaiz. 2015. Konsep diri dan Efikasi diri sebagai poin mendasar dalam aktivitas sosial (sebuah Analisis Psikologi: Teori Kognitif Sosial). Ejournal Pelangi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










