HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG

Authors

  • Aris Nurul Rohmah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Suhendri Suhendri Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mujiono Mujiono Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3466

Keywords:

Konsep Diri, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Institut Indonesia Semarang dilatar belakangi oleh rendahnya konsep diri. Hal ini ditandai dengan kurang optimalnya siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Beberapa perilaku yang dimunculkan siswa adalah siswa tidak memiliki rasa aman terhadap dirinya, siswa tidak pernah merasa puas atas waktu luang yang didapatkan, dan hanya memperhatikan dirinya sepanjang waktu. Hal ini berdampak pada tugas yang telah diberikan, serta terganggunya proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sejumlah 94 siswa, meliputi XI IPS 2, XI IPS 2, XI IPS 3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan semua anggota populasi yang dimiliki oleh populasi tersebut yaitu menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 61 siswa. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,497. Sedangkan nilai r table untuk jumlah sampel 61 dengan taraf signifikasi 5% didapat sebesar 0,254. Oleh karena nilai r hitung 0,497 > r table 0,254, maka disimpulkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPSSMA Institut Indonesia Semarang.

 

References

Agustiani, 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri). Bandung: PT Refika Aditama.

Asri, D. N., dan Sunarto. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol 6 (1)

Asy’ari, M,. Ekayati, I. M., & Matulessy, A. 2014. Konsep Diri, Kecerdasan Emosi, dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 03 (1) : 83-89.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D., 2020. Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3 (1) : 123-140

Dayaksini, T dan Hudaniah, 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press

Delima, Nita. 2016. Hubungan Konsep Diri dan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. JPPM. Vol 9 (2)

Desmita, 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desmita, 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol 5 (2)

Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hutagalung, 2007. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT INDEKS

Islamuddin Haryu, 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mahmud, 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nirwana, dkk, 2015. Hubungan Kecanduan Game dengan Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap bimbingan dan konseling. Ejournal.Unp. Vol 4 (4)

Nurjan, Syarifan. 2016. Psikologi Belajar. Ponorogo: CV Wade Group

Nursalim Mochamad, dkk (2019). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Parwami, Afi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Pervin, dkk. 2015. Psikologi kepribadian: teori dan Penelitian. Jakarta: Prenada Group

Rahman, U. dan Idham. 2020. Academic Procrastination in Term of Student Self Concept and Sel Efficacy. Psychology And Education

Saefullah, 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Saraswatia, G. K., Zulpahiyana & Arifah, S. 2015. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja diSMPN 13 Yogyakarta. Journal Ners and Midwifery Indonesia. Vol 3 (1)

Soemanto, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Subaryana, 2015. Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vol 7 (2)

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumarsid, 2019. Character Building. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sunarto dan Agung H. Perkembangan Peserta Didik. 2013. Jakarta: Rineka Cipta

Syahrul, S., Linda & Popi F. 2021. Kontribusi Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar siswa SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 8 (2)

Wibowo, 2013. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers

Widiarti, P.W. 2017. Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP se-kota Yogyakarta. Kajian Ilmu Komunikasi. Vol 43 (1)

Willis, Sofyan S. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yandri, Alfaiz. 2015. Konsep diri dan Efikasi diri sebagai poin mendasar dalam aktivitas sosial (sebuah Analisis Psikologi: Teori Kognitif Sosial). Ejournal Pelangi.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Rohmah, A. N., Suhendri, S., & Mujiono, M. (2022). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 269–275. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3466

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.