HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3458Keywords:
Efikasi Diri, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya akan kemampuan diri sendiri dan kurangnya kemandirian belajar yang dimiliki siswa sehingga menghambat proses pembelajaran dan nilai akademik siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang ? 2) Bagaimana kondisi kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang ? 3)Apakah ada hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar pada kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang ? Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi efikasi diri dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang dan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar pada kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi data penelitian ini sejumlah 172 siswa, meliputi kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 118 yang diambil dengan teknik propotional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri dan skala kemandirian belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa. Maka hal ini berarti semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pula kemandirian belajar, sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin rendah pula kemandirian belajar.
Â
References
Ardiansyah, A. 2018. Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fadillah, A. 2019. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4).
Fitriani, F., & Rudin, 2020, A. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 1-8.
Ghufron M. Nur, Rini Risnawati S. 2012. Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media : YogJakarta
Kartika,Y. M. Hubungan Antara Efikasi Diri Matematika Dengan Kemandirian Belajar Mtematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pardasuka Lampung, Skripsi (Universitas Satya Wacana; 2017)
Kumalasari, I Hubungan Antara Self- Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Smpn 2 Randuagung Lumajang, Skripsi ( Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: 2014)
Kurniawati, D. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Srandakan. BASIC EDUCATION, 5(23), 2-197.
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. 2014. Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.
Muthohhar, M. R. A., Supardi, S., & Yulianti, P. D. (2019). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Siswa Mts Masalikil Huda Tahunan Jepara. Quanta, 3(3), 90-100.
Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2), 127-135.
Patibang, D. A., & Zubair, A. G. H. (2020). Efikasi Diri Pada Peserta Didik Sma X Makassar. Jurnal Psikologi Talenta, 2(2), 11.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 51-68.
Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy†dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 28(1), 103-111.
Rahmawati, D Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Purwoyoso 06 Semarang, Skripsi (Univeristas Negeri Semarang: 2016)
Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
Rosidah, R. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Learning By Doing. QAWWAM, 12(1), 1-17
Rystukharina, A. D. Deskripsi Tingkat Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Angkatan 2013 Dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan Klasikal, Skripsi (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta : 2014)
Safraturrina, Sid Nurdin dan Martunis. 2016. Hubungan Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa (Suatu Studi Penelitian Pada MAN Darussalam). Jurmal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 1 No 2, 66-72
Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 118-128.
Sari, A. S., & Ervina, I. (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Pada Peserta Didik Di SMP N 3 Jember. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 9(2).
Septiyaningsih, S Pengaruh aktivitas belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta, skripsi (Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta, 2017)
Setiyono, N. D. Tingkat Efikasi Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Dan Implikasi Terhadap Penyusunan Topik-Topik Bimbingan Peningkatan Efikasi Diri (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi ( Universitas Sanata Dharma : 2018)
Siregar, A. R, Hubungan Self Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Smpit Al-Fakhri Sunggal, Skripsi, (Medan : Universitas Medan Area,2018)
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170.
Sugiyono . 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Supardi, 2019. Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang : Universitas PGRI Semarang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.