Harapan Siswa yang Mengalami Stres Akademik
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5261Abstract
Penelitian ini didasari bahwa stres akademik yang dialami oleh siswa dapat berkurang ketika siswa memiliki tingkat harapan yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan pada penelitian ini merupakan 52 siswa yang ditentukan berdasarkan tingkat stres akademik dengan menggunakan instrumen stres akademik untuk mengetahui kondisi stres akademik siswa. Pengumpulan data harapan siswa yang mengalami stres akademik menggunakan Indonesian Hope Scale yang telah dikembangkan oleh Asiah berdasarkan konsep harapan Snyder. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa 12% siswa berada pada kategori tinggi, 71% siswa berada pada kategori sedang dan 17% dari 52 siswa berada pada kategori tinggi. Kesimpulan berdasarkan pengolahan data dan pembahasan diketahui bahwa harapan pada siswa yang mengalami stres akademik berada pada kategori sedang atau belum sepenuhnya memiliki tingkat harapan yang penuh. Data hasil tingkat harapan siswa yang mengalami stres akademik dapat dijadikan sebagai dasar pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan harapan siswa yang mengalami stres akademik.
Kata kunci: harapan, siswa, stres akademik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fitri Yulianti, Ilfiandra, Ipah Saripah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.