Harapan Siswa yang Mengalami Stres Akademik

Penulis

  • Fitri Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ilfiandra Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ipah Saripah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5261

Abstrak

Penelitian ini didasari bahwa stres akademik yang dialami oleh siswa dapat berkurang ketika siswa memiliki tingkat harapan yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan pada penelitian ini merupakan 52 siswa yang ditentukan berdasarkan tingkat stres akademik dengan menggunakan instrumen stres akademik untuk mengetahui kondisi stres akademik siswa. Pengumpulan data harapan siswa yang mengalami stres akademik menggunakan Indonesian Hope Scale yang telah dikembangkan oleh Asiah berdasarkan konsep harapan Snyder. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa 12% siswa berada pada kategori tinggi, 71% siswa berada pada kategori sedang dan 17% dari 52 siswa berada pada kategori tinggi.  Kesimpulan berdasarkan pengolahan data dan pembahasan diketahui bahwa harapan pada siswa yang mengalami stres akademik berada pada kategori sedang atau belum sepenuhnya memiliki tingkat harapan yang penuh. Data hasil tingkat harapan siswa yang mengalami stres akademik dapat dijadikan sebagai dasar pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan harapan siswa yang mengalami stres akademik.

Kata kunci: harapan, siswa, stres akademik

Diterbitkan

2023-11-24

Cara Mengutip

Fitri Yulianti, Ilfiandra, & Ipah Saripah. (2023). Harapan Siswa yang Mengalami Stres Akademik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 413–420. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5261

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama