HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MOGA KABUPATEN PEMALANG

Penulis

  • Marsantiya Dwi Ayu Putri Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Yovitha Yuliejantiningsih Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ismah Ismah Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3463

Kata Kunci:

self efficacy, perencanaan karir

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa kelas XII yang memiliki kesulitan dalam merencakan karir ditandai dengan kebingungan setelah lulus apakah akan bekerja atau melanjutkan kuliah, lalu jurusan apa yang akan mereka ambil, dan belum memahami terkait dunia kerja dan kompetensi yang dimilikinya. Hal ini juga dapat memicu siswa cenderung memilih karir secara asal tidak sesuai kemampuannya karena rendahnya self efficacy siswa. Perencanaan karir yang cenderung asal ini akan menyebabkan kegagalan siswa dalam dunia pendidikan lanjutan ataupun dunia kerja. Mereka akan mudah mengalami putus asa karena apa yang mereka kerjakan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, dengan teknik analisis korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 1 Moga yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan terdiri dari 91 siswa yang diambil melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis self efficacy dan perencanaan karir. Hasil Berdasarkan tabel uji hipotesis sampel test nilai Sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 taraf signifikan 5%. Atas dasar perhitungan data tersebut maka hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan antara self efficacy  dan perencanaan karir siswa SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang†diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.

Referensi

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, R. 2017. "Hubungan Self efficacy Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Keperawatan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe". Medan: Analitika Jurnal Magister Psikologi UMA.

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi Perkembangan : Suatu Perkembangan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kementerian.P. 2016. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Nurlaila, S. 2011. "Pelatihan self efficacy untuk menurunkan kecemasan pada siswa-siswi yang akan menghadapi ujian akhir nasional. Lampung: GUIDENA Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling

Winarni, Puput. 2014. "Hubungan antaraKepercayaan Diri dengan Self efficacy Siswa kelas XI AP SMKN 1 Salatiga". Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.

Widyastuti, R. J. 2013. "Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa." Jurnal BK Unesa.

Diterbitkan

2022-07-27

Cara Mengutip

Putri, M. D. A., Yuliejantiningsih, Y., & Ismah, I. (2022). HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MOGA KABUPATEN PEMALANG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 239–249. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3463

Citation Check

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.