PENGARUH LAYANAN INFORMASI DAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII MA COKROAMINOTO WANADADI BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015

Penulis

  • Ika Ernawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh layanan informasi terhadap
kedisiplinan siswa, 2) pengaruh bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan siswa, 3)
pengaruh layanan informasi dan bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan siswa kelas XII
MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun 2014/2015. Populasi dalam penelitian
ini seluruh siswa kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi yang berjumlah 83 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data untuk hipotesis 1
dan hipotesis 2 menggunakan statistik korelasi product moment, untuk hipotesis 3
menggunakan rumus regresi ganda. Hasil penelitian bahwa 1) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan layanan informasi terhadap kedisiplinan siswa (rx1y = 0,566 dengan
p=0,000) artinya semakin baik layanan informasi yang diberikan kepada siswa akan
mempengaruhi peningkatan kedisiplinan siswa, 2) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan bimbingan pribadi terhadap kedisiplinan siswa (rx2y = 0,491 dengan p=0,000),
3) ada pengaruh yang positif layanan informasi dan bimbingan pribadi terhadap
kedisiplinan siswa (Freg = 13,483 dan nilai p = 0,000).
Kata kunci : layanan informasi, bimbingan pribadi, kedisiplinan siswa

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Ernawati, I. (2019). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII MA COKROAMINOTO WANADADI BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.40

Citation Check