6. Upaya Guru BK Dalam Membina Interaksi Sosial Siswa Pasca Pandemi

Penulis

  • Irma Suryani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurussakinah Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4530

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial siswa di MAN 1 Medan pada pasca pandemic. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengkaji fenomena yang terjadi di lapangan.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang pakai ialah dengan menggunakan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa interaksi sosial siswa MAN 1 Medan memiliki faktor yang memicu kurangnya interaksi sosial yaitu handphone dan adanya circle pertemanan. Upaya yang dilakukan Guru BK untuk mengatasi interaksi sosial yaitu dengan memberikan layanan bimbingan konseling seperti bimbingan kelompok, konseling individual dan home visit. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ketika Guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa ternyata memiliki perubahan yang baik dalam berinteraksi sosial di sekolah.

Kata kunci: interaksi sosial, upaya  guru bk, hambatan

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Irma Suryani Nasution, & Nurussakinah Daulay. (2023). 6. Upaya Guru BK Dalam Membina Interaksi Sosial Siswa Pasca Pandemi . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 214–221. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4530

Citation Check