Konseling Kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) pada Peserta Didik Madrasah Aliyah

Penulis

  • Ninik Haryani Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • IM Hambali Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Arbin Janu Setiyowati Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5446

Abstrak

Rendahnya Self compassion peserta didik memiliki dampak negatif pada aspek kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) untuk meningkatkan self compassion peserta didik. Metode penelitian adalah eksperimen kuasi dengan nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 43 peserta didik dengan sampel 10 peserta didik yaitu 5 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 5 peserta didik untuk kelompok kontrol. Sampel tersebut menjadi subjek penelitian yang ditentukan melalui teknik non probability sampling yaitu purposive sampling yaitu peserta didik merupakan kelas X di MAN 4 Kampar dengan hasil skala self compassion berkategori rendah. Pengumpulan data dilakukan secara pretest dan posttest, kemudian data diolah dengan menggunakan teknik analisis data yaitu uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asump.Sig. (2-tailed) sebesar 0,046 < 0.05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Konseling Kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) efektif untuk meningkatkan self compassion peserta didik MA.

Kata kunci: MMSC, self compassion, peserta didik

Diterbitkan

2024-06-26

Cara Mengutip

Ninik Haryani, IM Hambali, & Arbin Janu Setiyowati. (2024). Konseling Kelompok Modification Mindful Self Compassion (MMSC) pada Peserta Didik Madrasah Aliyah . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1825–1834. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5446

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama