HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI MAN 5 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.815Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas XI MAN 5 Sleman tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 5 Sleman tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik quota cluster random sampling yaitu sebesar 25% dari jumlah populasi, sehingga diperoleh 56 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa kelas XI MAN 5 Sleman tahun pelajaran 2019/2020. Dibuktikan dengan nilai Rxy (0,513), pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi interaksi sosial siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah interaksi sosial siswa.
Kata kunci: kecerdasan emosional, interaksi sosial
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.