PERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH PADA PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Mukhlis Mukhlis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Halim Purnomo Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Na’im Madjid Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3459

Keywords:

Ikatan Pelajar Muhammadiyah, karakter kepemimpinan, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, mendiskripsikan secara mendalam implementasi kegiatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah pada pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan menegetahui efektifitas peran optimal Ikatan Pelajar Muhammadiyah pada pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik yang dipakai untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara,  dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan: latar belakang pembentukan karakter kepemimpinan siswa adalah Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebagai organisasi otonom Muhammadiyah memerlukan kaderisasi kepemimpinan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berperan dalam pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik melalui kegiatan Taruna Melati,  Pelatihan Dai Pelajar Muhammadiiyah,  Bakti Sosial/Sahabat Masyarakat, Pentas Seni Tutup Tahun, LAFORI (Lets sharing for caring), FORTASI (Forum Ta’aruf  Siswa dan Orientasi), MUSRAN (Musyawarah Ranting), Ikatan Pelajar Muhammadiyah berperan secara optimal dalam pembentukan karakter kepemimpinan peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa kader-kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah aktif berorganisasi dan bermasyarakat.

Kata Kunci : Ikatan Pelajar Muhammadiyah, karakter kepemimpinan, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

References

Abdul Karim, dkk. 2020. Managerial Kepemimpinan in Boarding and Public School: an Idea and Experience from Indonesia. Talent Development & Excellence Vol.12, No.2

Abidin, Muhammad Zainal. 2019. Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam Melaksanakan Penguatan Pendidikan Karater Untuk Membentuk Karakter Mandiri di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Azaki, Khoirudin. 2016. Ideologi Gerakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. PP IPM. Yogyakarta.

Azaki khoirudin. 2014. Sistem Perkaderan IPM. PP IPM. Yogyakarta.

Daryanto, 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta : Gava Media

Fikriyah, dkk. 2021. Spiritual Kepemimpinan: The Case of Instilling Values in Students Through The Kiai’s Program in The Globalization Era. Journal of Kepemimpinan in Organizations Vol.3, No.1

Fitriani, Shofia 2020. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dalam Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas. Skripsi, IAIN Purwokerto

Harsono, Hanifah . 2002. Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: Mutiara Sumber Widya.

Habibah, Aminatun. Pengembangan Pendidikan Karakter Kedalam Kurikulum 2013, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 16 No.1 Juni 2018

https://kalbar.antaranews.com/berita/308292/ipm-okp-terbaik-se-asia-tenggara diunduh pada Jumat 2 April 2021.

https://kbbi.kata.web.id/kepemimpinan/diunduh pada hari Jumat, 26 Februari 2021.

Intizam, Ikhsan dan Achmad Kurniawan Pasmadi, Implementasi Pendidikan Kemuhammadiyahan dalam Membentuk Perilaku Keberagamaan PESERTA DIDIK di SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Jurnal Didaktika Islam, Vol. 10 Nomor 2 Agustus 2019.

Karim, Abdul, dkk. 2020. A Charismatic Relationship: How a Kyai’s Charismatic Kepemimpinan and Society’s Compliance are Constructed?. Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 11 No. 1

Khaidir Syahrul . 2020. The Effect of Empowering Kepemimpinan on Intrinsic Motivation: The Role of Psychological Empowerment as a Mediation. Journal of Kepemimpinan in Organizations Vol.2.

Khoiriyah, Siti dan Andi Kurniawan. 2018. Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas XII. PP. Muhamamdiyah. Jakarta.

Lukman, Nur Hasanah. 2017. Peran Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam Membentuk Karakter Peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Skripsi. Universitas Muhamamdiyah Palu.

Mulyono. 2014. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Ismuba, Jurnal Kajian Pendidikan Islam Mudarrisa, Vol. 6, 1 Juni 2014

Kuswono, 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah Islam (Studi kasus di SMA Muhamamdiiyah 1 Yogyakarta dan MA Mu’allimin Yogyakarta), tesis. UNS, Surakarta.

Maarini, Arita. 2017. Character Building Through Teaching Learning Process: Lesson In Indonesia. PONTE, International Jornal of Sciences and Research. Vol 73, no. 5, Mei 2017.

Madjid, Muhamamd Na’im. 2019. Towards Designing a Rabbani Education for Ummah: An Overview on Some Major Issues in Indonesia. Article in Proceedings of the 4th Progressive and Fun Education International Conference, Profunedu 2019, 6-8 August 2019, Makassar, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288421

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : Rosda Karya.

Mamat Supriatna. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler. UPI. Bandung.

Margono dan Sulistiyorini.2018. karakter Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Klaten Sebagai Potensi kaderisasi Muhammadiyah Klaten. Jurnal Tajdida. Vol. 6 no. 2.

Munib Danuri. 2019. Implementasi pembelajaran ISMUBA (Al Islam, Kemuhammaadiyahan dan Bahasa Arab) dan Pengaruhnya Terhadap Karakter PESERTA DIDIK di SMP Muhammadiyah 39 Kayu Putih Jakarta, Tesis, Universitas Muhamamdiyah Jakarta.

Nawawi, Hadari. 2004. Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nothouse, Peter. 2013. Kepemimpinan, Teori dan Praktik. Jakarta. Indeks.

Nur Hayati, Fitri, dkk. 2020. Strengthening of Religious Character Education Based on School Culture in the Indonesian Secondary School. The European Educational Researcher Doi: 10.31757/Euer.331

Pamungkas, Pajar. 2017. Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam Kedisiplinan PESERTA DIDIK di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Skripsi. (Purwokerto: UMP

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 tahun 2017 tentang Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter

Purnomo, Halim, dkk. 2020. Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid. Jurnal Tarbiyatuna, vol. 1 no. 11 2020.

Purnomo, Halim. 2020. Principals’ Personality, Kepemimpinan, Teachers’ Job Satisfaction and Students’ Achievement. International Journal of Psychosocial Rehabilitation Vol. 1 No. 24 Issue 08.

Qais dan Rahmi. 2021. The Role of Contemporary Kepemimpinan at The Library and Information Science Student Association in The Faculty of Humanities, Universitas Indonesia. Journal of Kepemimpinan in Organizations Vol.3

Renu Yadav dan Priti Lata. 2019. Role of Emotional Intelligence in Effective Kepemimpinan. International Journal of Kepemimpinan. Volume 7

Rivai dan Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta. Rajawali Press.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga

Syaodih. 2017. Metode Peneltian Pendidikan. Bandung : Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Surat Keputusan Majelis Pendidikan dasar dan Menegah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 98/KEP/I.4/F/2017 tentang Pemberlakuan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab (ISMUBA)

Tjuju, 2009, Kepemimpinan dalam Organisasi, Bandung: Remaja Rosda Karya

UMY, 2016. Pedoman Penulisan Tesis. Yogyakarta

Usman, Nurdin . 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: Sinar Baru.

Wahyudi dan Difa’ul Husna, 2019. Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas X, PP Muhammadyah

Wibowo, 2017. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Bahasa Arab (Ismuba) Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Purbalingga. Tesis. IAIN Purwokerto.

Wibowo. 2018. Kepemimpinan, Pemahaman Dasar, Pandangan Konvensional, Gagasan Kontemporer. Rajawali. Depok.

Wicaksono Negoro dan Amin Wibowo. 2021. Empathetic Kepemimpinan, Job Satisfaction and Intention to Leave Among Millennials in a Start-Up Industry: Needs’ Satisfaction as a Mediating Variable. Journal of Indonesian Economy and Business Volume 36, Number 2.

Yuki. Gary. 2017. Kepemimpinan di Dalam Organisasi. Jakarta. Indeks.

Yulia Siregar dkk. 2018. Self Regulation, Emotional Intelligence With Character Building in Elementary School. Atlantis Press, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 251

Zuchdi, D. 2008. Humanisasi pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Mukhlis, M., Purnomo, H., & Madjid, M. N. (2022). PERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH PADA PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 197–207. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3459

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.